15 Istilah Psikologi Untuk Perasaan Manusia Yang Sulit Dijelaskan

Sering kali kita merasakan perasaan sesuatu, namun kita sendiri bingung menyebutkan apa itu. Berasal dari Kamus Psikologi dan Kamus Ilmiah, istilah-istilah di bawah ini akan benar-benar membantu kamu yang sering mengalami masalah pada saat ingin menjelaskan apa yang kamu rasakan. Yuk, simak.


1. Adronitis



Merasa sudah lama kenal dengan seseorang tapi kita tidak bisa mengenalnya lebih dekat lagi. Kemudian kita merasa kesal atau malah frustrasi. Itulah yang disebut Adronitis.

2. Altschme



Pernah merasa kekhawatiran akan suatu hal yang sama sampai membuatmu tidak tertarik lagi akan hal tersebut? Tetapi nyebelinnya, kita masih mengkhawatirkan hal itu saja. Seperti pada masalah percintaan misalnya. Itu berarti kita sedang dilanda Altschmerz.

3. Exulansis



Pernah bercerita tentang pengalaman kita kepada seseorang? Namun yang menjengkelkan adalah orang itu tidak bisa mengerti cerita kita sampai-sampai kita merasa frustrasi? Perasaan frustrasi itulah yang disebut Exulansis.

4. Jouska



Pada saat kondisi ketika kita berbicara dengan diri kita sendiri di dalam pikiran kita, dan tentu saja hanya diri kita sendiri yang mengetahui. Kondisi itu yang disebut Jouska, Dalam Bahasa Indonesia, hal ini juga disebut Berdistraksi.

5. Kuebiko



Pernah jengkel dan putus asa melihat berita atau kejadian langsung sebuah kejahatan? Namun kita malah merasa putus asa. Karena tidak bisa berbuat apa-apa untuk menghentikan kejahatan di dunia sehingga membuat kita frustasi. Hal itulah yang disebut Kuebiko. Kalau kamu pernah merasakan ini berarti kita gak cocok jadi superhero.

6. Lachesism



Pernah memiliki keinginan untuk merasakan merasakan kecelakaan maut tapi berujung diri kita yang selamat? Seperti kejadian tenggelamnya kapal di laut bebas, bumi tertabrak meteor atau tabrakan pesawat terbang? Perasaan ketika menginginkan hal itu adalah yang disebut Lachesism.

7. Liberosis



Liberosis adalah ketika kita mencoba untuk tidak peduli terhadap sesuatu hal yang terjadi. Padahal kita sangat peduli dengan itu semua dan membuat kita stress.

8. Nod Tollens



Pernah berpikir bahwa kehidupan yang kita jalani adalah kehidupan yang tidak biasa atau aneh? Pernah suatu saat kita merasa kopi pagi ini terlalu kental, padahal takarannya sama seperti hari-hari yang lalu. Ketika itulah kamu sedang merasakan Nodus Tollens.

9. Occhiollism



Atau dapat melihat bentuk mirip binatang pada awan? Atau kita merasa bisa melihat sesuatu hal dengan sangat detail dengan pandangan pribadi? Berarti kamu adalah satu dari golongan Occhiollism.

10. Onism



Pernah merasa sangat kebosanan ketika menunggu hal yang sudah terjadwalkan dengan pasti? Seperti menunggu kereta atau keberangkatan pesawat. Dan yang lebih menyakitkan lagi, kita sampai stress akan hal itu. Itu berarti kita sedang mengalami Onism.

11. Rubatosis



Ketika hari telah larut malam dan kita belum juga bisa tidur, kadang kita merasa bisa menghitung detak jantung kita sendiri. Itulah yang disebut Rubatosis.

12. Ruckkehrunrunhe



Ruckkehrunrunhe adalah perasaan yang muncul ketika kita yang sudah lama pergi perantau akhirnya bisa pulang ke kampung halaman. Para perantau pasti pernah merasakan ini.

13. Sonder



Sonder merupakan perasaan kita, dimana kita merasakan dan berfikir bahwa bahwa setiap orang memiliki kehidupan yang rumit serumit kehidupan kita.

14. Vellichor



Saat kita membaca sebuah tulisan, baik itu novel, berita ataupun artikel, sering kita terhanyut suasana. Bagi yang suka membaca pasti pernah mengalami ini. Karena Vellichor adalah sebutan untuk seseorang ketika hanyut terbawa suasana atau ikut merasakan perasaan dari tulisan yang sedang dibacanya. Baik itu perasaan sedih, bahagia, atau lainnya.

15. Vemodallen



Pernah merasa memiliki hasil foto yang sama dengan milik orang lain? Entah itu objek di dalam foto atau hal lainnya yang sampai membuat kita frustrasi? Jika iya berarti saat itu kita sedang merasakan Vemodallen.

Itulah sebagian Istilah Psikologi Untuk Perasaan Manusia, semoga dapat membantu kita jadi tidak kebingungan lagi untuk menceritakan apa yang kita rasakan.

loading...

Komentar

Kutipan Terpopuler

Kutipan "Kata Bijak" Buddha

Kutipan "Kata-Kata" Kurt Cobain

Kutipan "Kata-Kata" Chairil Anwar

Kutipan "Kata-Kata" AXL Rose

Kutipan "Kata-Kata" Benyamin Sueb

Kutipan Film - Spider-Man 2

Kutipan Film - Spiderman 2