Kutipan "Kata Bijak" Albert Schweitzer


Albert Schweitzer (lahir 14 Januari 1875 – meninggal 4 September 1965 pada umur 90 tahun) adalah seorang teolog, musikus, filsufdan dokter yang berdarah Alsace. Ia lahir di Kaisersberg, Alsace-Lorraine yang pada waktu itu masih merupakan bagian dari Kekaisaran Jerman. Setelah kemenangan Sekutu dalam Perang Dunia I pada tahun 1918, ia mengubah kewarganegaraannya menjadi Prancisberdasarkan garis keturunan Alsacenya.

Schweitzer menerima penghargaan Nobeltahun 1952 untuk bidang perdamaian pada tahun 1953 atas ajaran filosofinya mengenai penghormatan yang tertinggi untuk kehidupan (reverence of life atau Ehrfurcht vor dem Leben). Ajaran filosofi ini sangat jelas diterapkannya melalui pendirian dan pengelolaan Rumah Sakit Lambaréné di Gabon, Afrika Tengah bagian Barat. Pandangan filosofinya ini terangkum dalam bukunya, Filsafat Peradaban.

Kutipan :

"Manusia mendominasi alam sebelum ia belajar mengendalikan diri."

"Dua hal yang cocok sebagai tempat berlindung dari kesulitan hidup: musik dan kucing."

"Orang yang memiliki jiwa optimis adalah mereka yang melihat lampu hijau di semua tempat, sedangkan orang yang pesimistis hanya melihat lampu merah. Orang yang benar-benar bijaksana adalah mereka yang buta warna."

"Kebahagiaan? Itu tidak lebih dari kesehatan dan kenangan yang buruk."

"Sukses bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaanlah kunci menuju sukses. Jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, Anda akan menjadi orang sukses."

"Kadang-kadang cahaya yang menerangi kita padam tetapi kemudian ada yang menyalakannya lagi. Setiap orang berutang terima kasih yang mendalam kepada mereka yang telah berbaik hati memberikan cahaya itu."

"Contoh adalah kepemimpinan."

"Mereka yang menghormati kepribadian orang lain adalah orang-orang yang benar-benar berguna."

"Meski hanya sedikit, lakukan sesuatu untuk mereka yang memerlukan bantuan, sesuatu yang tidak membuatmu memperoleh bayaran selain kehormatan untuk melakukannya."

"Tujuan hidup manusia adalah untuk melayani, dan untuk menunjukkan belas kasih dan kemauan untuk membantu orang lain."

"Doa tidak mengubah dunia. Tetapi doa mengubah orang dan orang mengubah dunia."

"Kebahagiaan adalah satu-satunya hal yang berlipat ganda saat Anda membagikannya."

Komentar

Kutipan Terpopuler

Kutipan "Kata Bijak" Buddha

Kutipan "Kata-Kata" Kurt Cobain

Kutipan "Kata-Kata" Chairil Anwar

Kutipan "Kata-Kata" AXL Rose

Kutipan Film - Spiderman 2

Kutipan Film - Spider-Man 2

Kutipan "Kata-Kata" Benyamin Sueb