Kutipan "Kata Bijak" Andrea Hirata


Andrea Hirata lahir di Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung, 24 Oktober 1967; umur 51 tahun, adalah novelis yang telah merevolusi sastra Indonesia. Ia berasal dari Pulau Belitung, provinsi Bangka Belitung. Novel pertamanya adalah Laskar Pelangi yang menghasilkan tiga sekuel.

Kutipan :

"Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi."

"Orang cerdas berdiri dalam gelap, sehingga mereka bisa melihat sesuatu yang tak bisa dilihat orang lain. Mereka yang tidak dipahami oleh lingkungannya, terperangkap dalam kegelapan itu. Orang yang tidak cerdas hidup di dalam terang. Sebuah senter menyiramkan sinar tepat di atas kepala mereka dan pemikiran mereka hanya sampai batas batas lingkaran cahaya senter itu."

"Namun, ternyata, jika seseorang hanya memikirkan seseorang, bertahun-tahun, dan dari waktu ke waktu mengenai isi hatinya sendiri dengan cinta hanya untuk orang itu saja, maka saat orang itu pergi, kehilangan menjelma menjadi sakit yang tak tertangguhkan, menggeletar sepanjang waktu."

"Gila itu ada 44 macam, semakin kecil angkanya, semakin parah gilanya."

"Tertawalah, seisi dunia akan tertawa bersamamu dan jangan bersedih karena kau hanya akan bersedih sendirian."

"Pengalaman selalu menunjukkan bahwa hidup dengan usaha adalah mata yang ditutup untuk memilih buah-buahan dalam keranjang."

"Darinya, aku mengambil filosofi bahwa belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan; bahwa ilmu yang tak dikuasai akan menjelma di dalam diri manusia menjadi sebuah ketakutan."

"Cinta adalah sahabat yang licik."

"Jika ada hal lain yang sangat menakjubkan di dunia ini selain cinta, hal itu adalah sepak bola."

"Hidup tanpa usaha adalah seperti mata yang tertutup untuk mencari kucing hitam dalam kamar yang gelap, sedang kucingnya tidak ada."

"Ayahku adalah hal terbaik yang pernah terjadi dalam hidupku."

"Lelaki pendiam sesungguhnya memiliki rasa kasih sayang yang jauh berlebihan berbanding lelaki yang berlagak disiplin dan merepek sahaja mulutnya."

"Sepak bola adalah satu-satunya cinta yang tak bersyarat di dunia ini."

"Tuhan tahu tapi menunggu."

"Jika kita berupaya sekuat tenaga menemukan sesuatu, dan pada titik akhir upaya itu hasilnya masih nihil, maka sebenarnya kita telah menemukan yang kita cari dalam diri kita sendiri, yakni kenyataan, kenyataan yang harus dihadapi sepahit apapun keadaanya."

"Bermimpi dan berdoalah karna Tuhan akan memeluk mimpi – mimpimu itu."

"Kebosanan itu kejam, tetapi kesepian lebih biadab dari pada kebosanan. Kesepian adalah salah satu penderitaan manusia yang paling pedih."

"Sebagian besar orang tak seperti bagaimana mereka tampaknya, dan begitu banyak orang salah dipahami, di sisi lain manusia gampang sekali menjatuhkan penilaian."

"Beri aku sesuatu yang paling sulit, aku akan belajar!"

"Berkelanalah, jelajahi Eropa, jamah Afrika, temukan mozaik nasibmu di pelosok-pelosok dunia."

"Hidup bisa demikian bahagia dalam keterbatasan jika dimaknai dengan keikhlasan berkorban untuk sesama."

"Cerita saya adalah kisah orang lupa suara dan bersuara."

"Cinta bagi kebanyakan perempuan adalah dedikasi dalam waktu yang lama, tuntutan yang tak ada habis-habisnya sepanjang hayat, dan semua pengorbanan itu tak jarang berakhir dengan kekecewaan yang besar."

"Menerima kehidupan berarti menerima kenyataan bahwa tak ada hal sekecil apapun terjadi karena sebuah kebetulan."

"Maka di negeri ini, para pemimpi adalah pemberani. Mereka Kesatria di tanah nan tak peduli. Medali harus dikalungkan di leher mereka."

"Berbuat yang terbaik pada titik di mana aku berdiri, itulah sesungguhnya sikap yang realistis."

"Dulu guru mengajiku pernah mengajarkan bahwa pertemuan dengan seseorang mengandung rahasia Tuhan. Maka, pertemuan sesungguhnya adalah nasib."

"Setiap orang mempunyai jalan yang berbeda untuk memahami sesuatu."

"Hari ini aku belajar satu hal penting darinya bahwa jika tidak bersedih atas sebuah kehilangan menimbulkan perasaan bersalah, hal itu merupakan kesalahan baru, sebab kesedihan harusnya menjadi bagian dari kebenaran."

"Kerja Tuhan tidak boleh diramal. Nasib, usaha dan takdir bagaikan tiga bukit biru samar-samar yang memeluk manusia dalam lena."

"Penampilan yang sempurna karena persiapan yang matang."

"Prestasi tertinggi seseorang, medali emasnya, adalah jiwa besarnya."

"Ke manapun tempat yang ku tempuh, apapun yang telah aku capai, dengan siapapun aku berhubungan, tetap saja aku manusia biasa."

"Kemiskinan susah diberantas karena pelakunya senang menjadi miskin."

"Langit adalah kitab yang terbentang."

"Mencintai sepak bola adalah seluruh antitesis dari susahnya mencintai manusia."

"Tak ada yang membahagiakan bagi seorang guru, selain mendapatkan murid yang pintar."

"Aku ingin hidup! Ingin merasakan sari pati hidup!"

Pages : 1 | 2

Komentar

Kutipan Terpopuler

Kutipan "Kata Bijak" Buddha

Kutipan "Kata-Kata" Kurt Cobain

Kutipan "Kata-Kata" Chairil Anwar

Kutipan "Kata-Kata" AXL Rose

Kutipan "Kata-Kata" Benyamin Sueb

Kutipan Film - Spiderman 2

Kutipan Film - Spider-Man 2