Kutipan "Kata Bijak" Aung San Suu Kyi



Aung San Suu Kyi (/aʊŋˌsæn.suːˈtʃiː/) lahir 19 Juni 1945) adalah seorang aktivis prodemokrasi Myanmar dan pemimpin National League for Democracy (Persatuan Nasional untuk Demokrasi atau NLD). Saat ini, ia menjadi tahanan rumah.

Pada 1991, ia menerima Penghargaan Nobel Perdamaian atas perjuangannya dalam memajukan demokrasi di negaranya tanpa menggunakan kekerasan dalam menentang kekuasaan rezim militer.

Ia dibebaskan secara resmi oleh junta militer Myanmar pada tanggal 13 November 2010 setelah mendekam sebagai tahanan rumah selama 15 tahun dari 21 tahun masa penahanannya sejak pemilihan umum tahun 1990. Sejak 6 April 2016, Suu Kyi menjabat sebagai State Counsellor atau penasihat negara.

Kutipan :

"Penjara yang sesungguhnya adalah rasa takut dan hanya ada satu kebebasan sejati, bebas dari rasa takut."

"Perdamaian adalah tujuan ideal yang tak bisa diganggu gugat oleh pemerintahan atau bangsa mana pun, termasuk mereka yang gemar berperang sekalipun."

"Kalau Anda memutuskan melakukan sesuatu, jangan sebut itu sebagai pengorbanan karena tidak ada orang yang memaksa Anda melakukannya."

"Seringkali, atas nama integritas budaya serta stabilitas sosial dan keamanan nasional, reformasi demokrasi berdasarkan hak asasi manusia ditentang oleh pemerintah otoriter."

"Menurut saya, hadiah terbesar yang bisa didapat pemerintah mana pun adalah persetujuan dari rakyat. Jika orang-orang bahagia dan orang-orang merasakan kedamaian dan pemerintah telah melakukan sesuatu untuk mereka, itu adalah hadiah terbesar yang saya pikir bisa diharapkan oleh pemerintah mana pun."

"Manusia di seluruh dunia membutuhkan kebebasan dan keamanan agar mereka dapat mewujudkan potensi penuh mereka."

"Bahkan satu suara dapat didengar dengan keras oleh seluruh dunia pada masa kini."

"Ada waktu untuk diam dan ada waktu untuk berbicara."

"Saya selalu berada dalam pihak anti kekerasan."

"Saya berharap orang tidak akan menganggap saya sebagai orang suci – kecuali mereka setuju dengan definisi bahwa orang suci adalah orang berdosa yang terus berusaha untuk menjadi orang suci."

"Karena kita hidup di dunia ini, kita harus melakukan yang terbaik untuk dunia ini."

"Humor adalah salah satu bahan terbaik untuk bertahan hidup."

"Dengan membantu orang lain, Anda akan belajar bagaimana membantu diri Anda sendiri."

"Manusia ingin bebas dan betapa pun lamanya mereka menyetujui untuk hidup terisolasi, untuk tetap tertindas, akan tiba saatnya ketika mereka mengatakan ‘Sudah cukup.’ Tiba-tiba mereka mendapati diri mereka melakukan sesuatu yang tidak pernah mereka kira akan mereka lakukan, hanya karena naluri manusia yang membuat mereka memalingkan wajah menuju kebebasan."

Komentar

Kutipan Terpopuler

Kutipan "Kata Bijak" Buddha

Kutipan "Kata-Kata" Kurt Cobain

Kutipan "Kata-Kata" Chairil Anwar

Kutipan "Kata-Kata" AXL Rose

Kutipan "Kata-Kata" Benyamin Sueb

Kutipan Film - Spiderman 2

Kutipan Film - Spider-Man 2