Kutipan "Kata Bijak" Nabi Muhammad ﷺ


Muhammad ﷺ adalah seorang nabi dan rasul terakhir bagi umat Muslim. Muhammad ﷺ memulai penyebaran ajaran Islam untuk seluruh umat manusia dan mewariskan pemerintahan tunggal Islam. Muhammad ﷺ sama-sama menegakkan ajaran tauhid untuk mengesakan Allah sebagaimana yang dibawa nabi dan rasul sebelumnya.

Lahir pada tahun 570 M di Mekkah, Muhammad ﷺ melewati masa kecil sebagai yatim piatu. Muhammad ﷺ dibesarkan di bawah asuhan kakeknya Abdul Muthalib kemudian pamannya Abu Thalib. Beranjak remaja, Muhammad ﷺ bekerja sebagai pedagang. Muhammad ﷺ kadang-kadang mengasingkan diri ke gua sebuah bukit hingga bermalam-malam untuk merenung dan berdoa.

Kutipan :

“Seorang Muslim yang menanam pohon atau menabur benih pada bidang tanah, dimana manusia, burung dan hewan bisa memakannya, adalah melakukan perbuatan amal.”

“Tindakan apa yang paling baik? Dengan menggembirakan hati manusia, memberi makan orang yang lapar, membantu para korban, meringankan kesedihan yang sedih, dan menghilangkan penderitaan yang terluka.“

“Amal yang paling dicintai oleh Allah adalah yang terus menerus meski hanya sedikit.”

“Perbanyaklah kamu mengingat mati, karena hal itu bisa membersihkan dosa dan menyebabkan zuhud atau tidak cinta kepada dunia.”

“Tanda tanda orang yang celaka antara lain : Bergairah dalam mengerjakan perbuatan-perbuatan haram, dan menjauhi nasihat.”

“Jangan sekali-kali kamu menganggap remeh kebajikan meski kelihatannya tidak berharga, yaitu seperti ketika kamu menyambut temanmu dengan menampakkan wajah berseri-seri.”

“Jihad yang paling baik adalah menaklukkan diri sendiri.”

“Katakanlah apa yang benar, meskipun mungkin pahit dan tidak menyenangkan bagi orang-orang.”

“Ketika Anda melihat seseorang yang telah diberikan kekayaan dan keindahan melebihi Anda, lihatlah orang-orang yang masih mampu bersyukur meski dalam kekurangan.”

“Lebih baik duduk sendirian daripada ditemani dengan keburukan; dan lebih baik duduk dengan baik daripada sendirian. Lebih baik berbicara dengan seorang pencari pengetahuan daripada tetap diam; tapi lebih baik berdiam diri daripada mengucapkan kata-kata kurang sopan."

“Sesungguhnya, seorang laki-laki yang mengajarkan sopan santun kepada anaknya lebih baik daripada memberikan satu gantang gandum untuk disedekahkan.”

“Siapa yang mampu belajar? Merekalah yang mempraktekkan apa yang mereka ketahui."

“Seorang Muslim yang bertemu dengan orang lain dan berbagi beban mereka, jauh lebih baik dari orang yang menjalani kehidupan pengasingan dan mengurung diri.”

“Kekayaan terbaik adalah kekayaan jiwa.”

“Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."

“Banyak bertafakur dan pembawaan diri yang baik. Tidak ada dua hal yang lebih baik daripada ini.”

“Sesungguhnya, Allah menyukai kelembutan, dan Dia memberikanNya kepada makhlukNya yang lemah lembut.  Dia tidak memberi kepada yang keras hati.”

“Tidak bisa dikatakan sebagai muslim yang sempurna, ketika makan sampai dia kenyang dan sementara ada tetangganya yang lapar.”

“Dia bukan dari golongan kita jika tidak mampu menyayangi anak-anak kecil, dan tidak menghormati yang lebih tua; dan dia bukan dari kita, yang makan minum yang tidak halal, dan melakukan hal yang melanggar hukum"

“Janganlah seperti orang munafik yang, ketika ia berbicara selalu berbohong; ketika ia memberikan janji, selalu ingkar; dan ketika ia dipercaya, ia tidak jujur​​."

“Orang yang kuat bukanlah orang yang bisa mengalahkan yang lemah. Orang yang kuat adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya ketika ia marah."

"Tidaklah aku tinggal di dunia melainkan seperti musyafir yang berteduh di bawah pohon dan beristirahat lalu musyafir tersebut pergi meninggalkannya.”

"Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seseorang tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri."

"Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."

“Ada dua kenikmatan yang dilalaikan oleh kebanyakan  orang,
yaitu kesehatan dan waktu kosong.”

”jagalah dirimu dari api neraka, walau hanya dengan
sedekah separuh biji kurma,
jika tidak bisa berbuat demikian,
maka berbuatlah baik walau hanya dengan kata-kata yang manis.”

“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah.”

"Kebajikan itu ialah akhlak yang baik dan dosa itu ialah sesuatu yang merisaukan dirimu dan kamu tidak senang bila diketahui orang lain".

Komentar

Kutipan Terpopuler

Kutipan "Kata Bijak" Buddha

Kutipan "Kata-Kata" Chairil Anwar

Kutipan "Kata-Kata" Kurt Cobain

Kutipan Film - Spider-Man 2

Kutipan Film - Spiderman 2