Kutipan Kata Bijak Carl Rogers

 


Carl Rogers adalah seorang psikolog yang terkenal dengan pendekatan terapi klinis yang berpusat pada klien (client centered). Rogers kemudian menyusun teorinya dengan pengalamannya sebagai terapis selama bertahun-tahun.


Teori Rogers mirip dengan pendekatan Freud, tetapi pada hakikatnya Rogers berbeda dengan Freud karena Rogers menganggap bahwa manusia pada dasarnya baik atau sehat. Dengan kata lain, Rogers memandang kesehatan mental sebagai proses perkembangan hidup alamiah, sementara, kejahatan, dan persoalan kemanusiaan lain dipandang sebagai penyimpangan dari kecenderungan alamiah.


Kutipan:


Paradoks yang aneh adalah ketika saya menerima diri saya apa adanya, maka saya bisa berubah.


Orang-orang sama indahnya dengan matahari terbenam jika Anda membiarkannya.


Satu-satunya orang yang terdidik adalah orang yang telah belajar bagaimana belajar dan berubah.


Apa yang paling pribadi adalah yang paling universal.


Aku tidak sempurna... Tapi aku cukup.


Ketika seseorang menyadari bahwa dia telah didengar secara mendalam, matanya menjadi basah. Saya pikir dalam arti sebenarnya dia menangis karena gembira. Seolah-olah dia berkata, "Syukurlah, seseorang mendengarku. Seseorang tahu bagaimana rasanya menjadi aku.


Seseorang adalah proses yang cair, bukan entitas yang tetap dan statis; sungai perubahan yang mengalir, bukan balok material padat; konstelasi potensi yang terus berubah, bukan kuantitas sifat yang tetap.


Apakah saya hidup dengan cara yang sangat memuaskan bagi saya, dan yang benar-benar mengekspresikan diri saya?


Ketika orang lain terluka, bingung, bermasalah, cemas, terasing, ketakutan; atau ketika dia ragu akan harga dirinya, tidak yakin akan identitasnya, maka diperlukan pemahaman. Persahabatan yang lembut dan sensitif dari sikap empatik… memberikan penerangan dan penyembuhan. Dalam situasi seperti itu, saya percaya, pemahaman yang mendalam, adalah hadiah paling berharga yang dapat diberikan seseorang.


Kita tidak bisa berubah, kita tidak bisa menjauh dari diri kita apa adanya, sampai kita benar-benar menerima diri kita apa adanya. Kemudian perubahan tampaknya terjadi hampir tanpa disadari.


Kehidupan yang baik adalah sebuah proses, bukan keadaan. Itu adalah arah bukan tujuan.


Saya telah belajar bahwa penginderaan organisme total saya terhadap suatu situasi lebih dapat dipercaya daripada kecerdasan saya.


loading...

Komentar

Kutipan Terpopuler

Kutipan "Kata Bijak" Buddha

Kutipan "Kata-Kata" Kurt Cobain

Kutipan "Kata-Kata" AXL Rose

Kutipan "Kata-Kata" Chairil Anwar

Kutipan "Kata-Kata" Benyamin Sueb

Kutipan "Kata Bijak" Batman

Kutipan "Kata-Kata" Tony Q Rastafara