Kutipan Kata Bijak Chanakya

 


Cānakya adalah seorang penasihat maharaja Maurya pertama, Chandragupta dan kepala arsitek pada masa kebangkitannya. Kautilya dan Vishnugupta, nama yang dikenali sebagai Canakya, penulis Arthaśāstra. Canakya dianggap sebagai pelopor ilmu politik dan ekonomi India.


Kutipan :


Aroma bunga menyebar hanya ke arah angin. Tapi kebaikan seseorang menyebar ke segala arah.


Pendidikan adalah teman terbaik. Orang yang berpendidikan dihormati di mana-mana. Pendidikan mengalahkan keindahan dan masa muda.


Seseorang tidak boleh terlalu jujur. Pohon yang lurus ditebang terlebih dahulu dan orang jujur ​​disekrup terlebih dahulu.


Istri yang baik adalah yang melayani suaminya di pagi hari seperti seorang ibu, mencintainya di siang hari seperti saudara perempuan, dan menyenangkannya seperti pelacur di malam hari.


Seorang pria hebat dengan perbuatan, bukan karena terlahir.


Perlakukan anak Anda seperti kekasih selama lima tahun pertama. Selama lima tahun ke depan, tegur mereka. Pada saat mereka berusia enam belas tahun, perlakukan mereka seperti teman. Anak-anak Anda yang sudah dewasa adalah teman terbaik Anda.


Guru-mantra terbesar adalah: jangan pernah berbagi rahasia Anda dengan siapa pun. Itu akan menghancurkanmu.


Kekuatan terbesar di dunia adalah masa muda dan kecantikan seorang wanita.


Bahkan jika seekor ular tidak berbisa, ia harus berpura-pura berbisa.


Ada kepentingan pribadi di balik setiap persahabatan. Tidak ada persahabatan tanpa kepentingan diri sendiri. Ini adalah kebenaran yang pahit.


Begitu Anda mulai mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan meninggalkannya. Orang yang bekerja dengan tulus adalah yang paling bahagia.


Seorang pria lahir sendirian dan mati sendirian; dan dia mengalami konsekuensi baik dan buruk dari karmanya sendiri; dan dia pergi sendirian ke neraka atau tempat tinggal tertinggi.


Sebelum Anda memulai suatu pekerjaan, selalu tanyakan pada diri Anda tiga pertanyaan - Mengapa saya melakukannya, Apa hasilnya dan Akankah saya berhasil. Hanya ketika Anda berpikir secara mendalam dan menemukan jawaban yang memuaskan atas pertanyaan-pertanyaan ini, lanjutkan.


Begitu rasa takut mendekat, serang dan hancurkan.


Lebih baik mati daripada mempertahankan hidup ini dengan menimbulkan aib. Kehilangan nyawa hanya menyebabkan kesedihan sesaat, tetapi aib membawa kesedihan setiap hari dalam hidup seseorang.


Jangan pernah berteman dengan orang yang statusnya di atas atau di bawah Anda. Persahabatan seperti itu tidak akan pernah memberi Anda kebahagiaan.


Kita seharusnya tidak resah dengan apa yang telah lalu, dan juga tidak perlu khawatir tentang masa depan; orang-orang bijaksana hanya berurusan dengan saat ini.


Tuhan tidak tinggal di dalam berhala kayu, batu atau tanah. Tempat tinggalnya ada dalam perasaan kita, pikiran kita.


Kemurnian ucapan, pikiran, indera, dan hati yang welas asih dibutuhkan oleh seseorang yang ingin naik ke tataran ilahi.


Satu hal luar biasa yang dapat dipelajari dari seekor singa adalah bahwa apa pun yang ingin dilakukan seseorang harus dilakukan olehnya dengan sepenuh hati dan usaha yang keras.


Dia yang terlalu terikat dengan anggota keluarganya mengalami ketakutan dan kesedihan, karena akar dari semua kesedihan adalah keterikatan. Jadi seseorang harus membuang kemelekatan untuk menjadi bahagia.


Dia yang hidup dalam pikiran kita dekat, meskipun sebenarnya dia jauh; tapi dia yang tidak ada di hati kita jauh; meskipun dia mungkin benar-benar ada di dekat kita.


Jika seseorang memiliki watak yang baik, kebajikan apa lagi yang dibutuhkan? Jika seorang pria memiliki ketenaran, apa nilai ornamen lainnya?


loading...

Komentar

Kutipan Terpopuler

Kutipan "Kata Bijak" Buddha

Kutipan "Kata-Kata" Kurt Cobain

Kutipan "Kata-Kata" AXL Rose

Kutipan "Kata-Kata" Chairil Anwar

Kutipan "Kata-Kata" Benyamin Sueb

Kutipan "Kata Bijak" Batman

Kutipan "Kata-Kata" Tony Q Rastafara