Kutipan "Kata Bijak" Dag Hammarskjöld

 

Dag Hammarskjold
Dag Hammarskjold


Dag Hjalmar Agne Carl Hammarskjöld ialah diplomat Swedia dan SekJen PBB yang ke-2. Ia menjabat dari April 1953 sampai kematiannya akibat kecelakaan pesawat pada September 1961.

Dag Hammarskjöld dilahirkan di kota Jonkoping, Swedia, tetapi besar dan menghabiskan tahun-tahun awalnya di Uppsala, tempat ayahnya menjabat sebagai Gubernur Kaunti. Ia menjadi Dosen Senior Ilmu Ekonomi pada 1933, Wakil Sekretaris dalam Kementerian Keuangan selama 10 tahun. Ia menjabat sebagai Ketua Delegasi Swedia ke perundingan OECD antara 1947-48, Wakil Sekretaris Tetap di Kementerian Luar Negeri antara 1949-51 dan kemudian bergabung dengan pemerintahan sebagai menteri negara non-politik dengan kisaran isu internasional yang luas. Pada April 1953, Dag Hammarskjöld diangkat sebagai Sekretaris Jendral PBB.

Dalam perannya sebagai Sekretaris Jenderal PBB dari tahun 1953 hingga 1961, Dag Hammarskjöld memimpin PBB dengan kebijaksanaan dan integritas yang luar biasa. Dia dikenal karena kepemimpinan dan visinya yang kuat dalam mempromosikan perdamaian, keadilan, dan pemecahan konflik di seluruh dunia.

Berikut ini adalah beberapa kutipan yang menggambarkan pandangan dan pemikiran Dag Hammarskjöld:

Kutipan :

"Berdoalah agar kesepianmu dapat memacumu untuk menemukan sesuatu untuk hidup, dan cukup hebat untuk mati."

- Dag Hammarskjöld

"Kita tidak diperkenankan memilih bingkai dari takdir kita sendiri. Tapi dengan apa mengisi bingkai tersebut, itulah kewajiban kita."

- Dag Hammarskjöld

"Persahabatan tidak membutuhkan kata-kata - itulah kesunyian yang dibebaskan dari derita kesepian."

- Dag Hammarskjöld

"Kedewasaan: antara lain, kebahagiaan murni anak saat bermain, yang menerima begitu saja bahwa ia menyatu dengan teman bermainnya."

- Dag Hammarskjöld

"Ketika kita Bermain aman sesungguhnya kita menciptakan dunia yang paling tidak aman."

- Dag Hammarskjöld

"Jangan pernah mengukur ketinggian gunung, sampai kamu mencapai puncaknya. Kemudian kamu akan melihat betapa rendahnya gunung itu."

- Dag Hammarskjöld

"Pemberian maaf memutuskan lingkaran sebab akibat, karena orang yang 'memaafkan' kamu karena cinta mengambil alih beban konsekuensi dari apa yang telah kamu lakukan. Pemberian maaf, dengan demikian selalu diikuti oleh sebuah pengorbanan."

- Dag Hammarskjöld

"Jangan pernah melihat ke bawah untuk menguji tanah sebelum mengambil langkah berikutnya; hanya dia yang mengarahkan pandangannya ke cakrawala jauh yang akan menemukan jalan yang benar."

- Dag Hammarskjöld

"Memaafkan adalah jawaban keajaiban mimpi seorang anak dimana apa yang rusak dibuat utuh lagi, apa yang kotor dibersihkan lagi."

- Dag Hammarskjöld

"Saya tidak punya pilihan lain dari pada mengikuti keyakinan saya sendiri."

- Dag Hammarskjöld

"Lebih mulia memberikan dirimu sepenuhnya kepada satu individu daripada bekerja dengan rajin demi keselamatan orang banyak."

- Dag Hammarskjöld

"Jangan pernah, demi kedamaian dan ketenangan, menyangkal pengalaman atau keyakinanmu sendiri."

- Dag Hammarskjöld

"Perjalanan terpanjang adalah perjalanan ke dalam. Tentang dia yang telah memilih takdirnya, Yang telah memulai pencariannya akan sumber keberadaannya."

- Dag Hammarskjöld

"Tuhan tidak mati ketika kita berhenti percaya padanya, tetapi kita mati pada hari ketika hidup kita berhenti diterangi oleh pancaran stabil, yang diperbarui setiap hari, oleh keajaiban, yang sumbernya melampaui semua alasan."

- Dag Hammarskjöld

"Kalau saja aku bisa tumbuh: lebih kencang, lebih sederhana, lebih tenang, lebih hangat."

- Dag Hammarskjöld

"Perhatian terus-menerus oleh seorang perawat yang baik mungkin sama pentingnya dengan operasi besar oleh seorang ahli bedah."

- Dag Hammarskjöld

"Hidup hanya menuntut darimu kekuatan yang kamu miliki. Hanya satu prestasi yang mungkin; jangan melarikan diri."

- Dag Hammarskjöld

"Jangan mencari kematian. Kematian akan menemukanmu. Tetapi carilah jalan yang menjadikan kematian sebagai pemenuhan."

- Dag Hammarskjöld

"Semakin banyak yang kita lakukan, semakin banyak yang bisa kita lakukan; semakin sibuk kita, semakin banyak waktu luang yang kita miliki."

- Dag Hammarskjöld

"Kebebasan dari rasa takut' bisa dikatakan merangkum seluruh filosofi hak asasi manusia."

- Dag Hammarskjöld

"Mereka yang mengungkit sejarah pasti akan didengar oleh sejarah. Dan mereka harus menerima putusannya."

- Dag Hammarskjöld

"Semakin setia kau mendengarkan suara-suara di dalam dirimu, akan semakin baik kau mendengar apa yang terdengar di luar."

- Dag Hammarskjöld

Kutipan-kutipan ini mencerminkan pemikiran mendalam dan kebijaksanaan Dag Hammarskjöld dalam menghadapi tantangan global dan mencari solusi yang berkelanjutan. Semoga kutipan-kutipan ini menginspirasi dan memotivasi Anda untuk berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih baik.

Teruslah mengikuti blog kami untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang tokoh inspiratif dan topik-topik menarik lainnya. Terima kasih telah membaca!

loading...

Komentar

Kutipan Terpopuler

Kutipan "Kata-Kata" Kurt Cobain

Kutipan "Kata Bijak" Buddha

27 Kutipan Tommy Shelby untuk Membantumu Menjalani Hidupmu Sendiri

Kutipan "Kata-Kata" AXL Rose

Kutipan "Kata-Kata" Benyamin Sueb

Kutipan "Kata Bijak" Batman

Kutipan "Kata-Kata" Chairil Anwar