Kutipan "Kata Bijak" Dalai Lama

Dalai Lama XIV


 Dalam Buddhisme Tibet, para Dalai Lama (bahasa Tibet: ཏ་ཱལའི་བླ་མ་ taa-la’i bla-ma; Hanzi sederhana: 达赖喇嘛; Hanzi tradisional: 達賴喇嘛; pinyin: Dálài Lǎmā) adalah garis tulku dari pemimpin Gelugpa yang dapat dilacak kembali sampai 1391. Pemeluk Buddha Tibet percaya bahwa Dalai Lama adalah perwujudan insani dari Avalokitesvara ("Chenrezig" [spyan ras gzigs] dalam bahasa Tibet), bodhisattva of compassion. Antara abad XVII dan 1959, Dalai Lama adalah kepala pemerintahan Tibet, mengendalikan sebagian besar negara dari ibu kota Lhasa. Dalai Lama adalah kepala Tibetan Buddhism, dan para pemimpin dari keempat aliran percaya bahwa Dalai Lama adalah lama tertinggi dalam tradisi Tibet. Ia sering dipanggil "His Holiness" (atau HH) sebelum gelarnya.




"Dalai" artinya "lautan" dalam bahasa Mongol, dan "Lama" (bla ma) adalah bahasa Tibet untuk "guru", dan dapat juga berarti "rahib". Gelar ini pertama dianugerahkan oleh penguasa Mongol Altan Khan kepada Sonam Gyatso, seorang abbot di biara Drepung yang dianggap sebagai lama paling terkemuka di masanya. Walaupun Sonam Gyatso menjadi lama pertama yang memegang gelar "Dalai Lama", karena ia adalah anggota ketiga dalam garisnya, ia menjadi "Dalai Lama ke-3". Kedua gelar sebelumnya diberikan kepada dua inkarnasi sebelumnya. Gelar "Dalai Lama" sekarang diberikan kepada setiap inkarnasi pemimpin agama tersebut. Orang Tibet memanggil Dalai Lama Gyawa Rinpoche (rgya ba rin po che) berarti "Precious Victor," atau Yeshe Norbu (ye shes nor bu) berarti "Wisdom Jewel". Dalai Lama ke-14, dan para pendahulunya, dianggap sebagai inkarnasi Buddha of Compassion.


Tenzin Gyatso adalah Dalai Lama saat ini yang ke-14. Anak kelima dari sembilan bersaudara keluarga petani ini dinyatakan sebagai tulku Dalai Lama ke-13 pada usia tiga tahun. Pada tanggal 17 November 1950, ia naik takhta sebagai kepala negara Tibet di saat pendudukan daerah itu oleh pasukan Republik Rakyat Tiongkok.


Kutipan :


"Tujuan utama kita dalam hidup ini adalah untuk membantu orang lain. Dan jika kamu tidak dapat membantu mereka, setidaknya jangan menyakiti mereka."


~ Dalai Lama


"Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sudah jadi. Hal itu berasal dari tindakanmu sendiri.


~ Dalai Lama


"Akar dari semua kebaikan terletak di tanah penghargaan atas kebaikan."


~ Dalai Lama


"Tujuan hidup kita adalah untuk bahagia."


~ Dalai Lama


"Pikiran yang tenang membawa kekuatan batin dan rasa percaya diri, sehingga itu sangat penting untuk kesehatan yang baik."


~ Dalai Lama


"Tidur adalah meditasi terbaik."


~ Dalai Lama


"Jika kamu ingin orang lain bahagia, belajarlah mengasihi. Jika kamu ingin bahagia, belajarlah mengasihi."


~ Dalai Lama


"Jika Anda berpikir Anda terlalu kecil untuk membuat suatu perbedaan, cobalah tidur dengan nyamuk."


~ Dalai Lama


"Kita tidak akan bisa memperoleh kedamaian di dunia luar hingga kita berdamai dengan diri kita sendiri."


~ Dalai Lama


"Terkadang, seseorang menciptakan sebuah kesan yang dinamis dengan mengatakan sesuatu, dan terkadang seseorang menciptakan kesan yang signifikan dengan tetap tenang."


~ Dalai Lama


"Aku menemukan harapan di hari-hari terkelam, dan fokus pada hari-hari tercerah. Aku tidak menyalahkan alam semesta."


~ Dalai Lama


"Sebagai manusia, kemarahan adalah bagian dari pikiran kita. Rasa jengkel juga bagian dari pikiran kita. Tapi kamu bisa melakukannya; kemarahan datang dan pergi. Jangan pernah menyimpannya; di dalam dirimu yang terdalam, lalu menciptakan banyak kecurigaan, banyak ketidakpercayaan, banyak hal-hal yang negatif, lebih banyak kekhawatiran."


~ Dalai Lama


"Agama saya sangat sederhana. Agama saya adalah kebaikan."


~ Dalai Lama


"Bahkan ketika seseorang memiliki segala kenikmatan dalam hidup, makanan yang baik, tempat tinggal yang baik. Mereka tetap bisa menjadi tidak bahagia ketika menghadapi situasi yang tragis."


~ Dalai Lama


"Cinta dan kasih sayang adalah kebutuhan, bukan kemewahan. Tanpa hal tersebut, rasa kemanusiaan tidak akan bisa bertahan."


~ Dalai Lama


"Semua tradisi agama utama pada dasarnya membawa pesan yang sama, yaitu cinta, kasih sayang, dan pengampunan. Hal yang penting adalah hal-hal tersebut harus menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari."


~ Dalai Lama


"Tidak ada gunanya kuil, tidak ada gunanya filosofi rumit. Otak dan hatiku adalah kuilku; filosofiku adalah kebaikan."


~ Dalai Lama


"Ketika kita menemui tragedi nyata di dalam hidup, kita bisa bereaksi dalam dua cara; dengan kehilangan harapan dan jatuh ke dalam kebiasaan yang menghancurkan, atau dengan menggunakan tantangan tersebut untuk menemukan kekuatan batin kita. Berkat ajaran Buddha, aku sudah mampu untuk mengambil cara yang kedua."


~ Dalai Lama


"Berbuat baiklah kapan saja mungkin. Itu selalu mungkin."


~ Dalai Lama


"Kesenangan fisik tidak bisa menghilangkan penderitaan mental, dan jika kita lihat dengan seksama, kita akan melihat bahwa mereka yang punya banyak harta tidak selalu bahagia. Nyatanya, menjadi kaya menimbulkan banyak kecemasan."


~ Dalai Lama


"Ketika kamu berterimakasih, ada sebuah rasa hormat kepada orang lain."


~ Dalai Lama


"Untuk membuat sebuah tindakan yang positif, kita harus mengembangkan sebuah pandangan positif."


~ Dalai Lama


"Dalam praktek toleransi, musuh seseorang merupakan guru terbaik."


~ Dalai Lama


"Dengan menyadari potensinya dan percaya akan kemampuannya, seseorang mampu membangun dunia yang lebih baik."


~ Dalai Lama


"Sahabat lama pergi, Sahabat baru berdatangan. Sama seperti hari-hari biasanya. Hari yang lama pergi, hari yang baru datang. Yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana membuatnya berarti: seorang sahabat yang berarti atau sebuah hari yang berarti."


~ Dalai Lama


loading...

Komentar

Kutipan Terpopuler

Kutipan "Kata-Kata" Kurt Cobain

Kutipan "Kata Bijak" Buddha

27 Kutipan Tommy Shelby untuk Membantumu Menjalani Hidupmu Sendiri

Kutipan "Kata-Kata" AXL Rose

Kutipan "Kata-Kata" Benyamin Sueb

Kutipan "Kata Bijak" Batman

Kutipan "Kata-Kata" Chairil Anwar