Nirvana - Endless, Nameless - Lirik dan Terjemahan

 


Endless, Nameless


Silence

Diam

Here I am

Inilah aku

Here I am

Inilah aku

Silent

Terdiam


Bright and clear

mencerahkan dan tercerahkan

It's what I am

Itulah aku

I have

Aku telah

Died

mati


Mother

Ibu

Mother

Ibu

Mother

Ibu

Mother

Ibu


Death

Kematian

And violence

dan kekerasan

Excitement

semangat

Right here

disini


Died

telah mati

Go to hell

Pergi ke neraka

Here I am

Inilah aku

Right here

disini

Ow

duh


No mas

cukup sudah

No mas

cukup sudah

No mas

cukup sudah

Mama

ibu


Death

Kematian

Is what I am

adalah aku

Go to hell

Pergi ke neraka

Go to jail

masuk penjara


In back of that

di balik

Crime

kejahatan itu

Here I am

ini aku

Take a chance

berusaha

Dead

mati


Die

mati



"Endless, Nameless" adalah "Hidden track"/trek tersembunyi di akhir album Nevermind . Dimulai kira-kira 10 menit setelah berakhirnya lagu terakhir, " Something in the Way ". Lagu ini tidak dikreditkan di album dan tidak disertakan di setiap salinan album(Nevermind) kala itu. Di Indonesia yang versi kaset pita, waktu saya beli kira² tahun 2000an awal tidak ada lagu ini. Pertama kali diberi judul ketika dirilis ulang sebagai side-B pada single kedua album, " Come As You Are ," pada bulan Maret 1992.


Penempatan lagu tersebut di album Nevermind terinspirasi dari Hidden track The Beatles , " Her Majesty " di album Abbey Road tahun 1969.


Lagu ini direkam setelah upaya yang gagal dalam merekam lagu "Lithium ," pada Mei 1991 di Sound City Studios, Van Nuys, California.


Berbeda dengan Nevermind lainnya , lagu ini direkam secara live, tanpa penambahan overdub setelahnya. Vokal dan gitar Cobain direkam di tengah ruangan, dengan Cobain bernyanyi melalui mikrofon Shure SM57 yang dirancang untuk percakapan dan bukan musik.


Cobain menghancurkan gitarnya selama rekaman, yang pada akhirnya menghentikan rekaman pada hari itu setelah mereka menyadari bahwa itu adalah satu-satunya gitar kidal yang ada.


"Setelah sore yang panjang berjuang untuk merekam Lithium, Kurt yang frustrasi meluncurkan apa yang kemudian menjadi trek tersembunyi Nevermind." “Kemarahan dan frustrasi dalam suaranya sangat menakutkan untuk didengar, karena dia seperti kehilangan kendali,” kata Butch (produser album Nirvana kala itu) kepada majalah Kerrang!. “. 


"Kemudian Kurt menghancurkan gitarnya hingga berkeping-keping, dan berjalan keluar ruangan. Saya seperti, 'Wow, saya senang saya merekamnya!' Kurt telah menghancurkan Mosrite kidalnya, jadi aku harus menjelajahi LA dengan panik untuk mencari penggantinya.”


Pertunjukan live paling awal dari "Endless, Nameless" adalah di acara amal anti- Perang Teluk "No More Wars" pada tanggal 18 Januari 1991, di Perpustakaan Evergreen State College 4300 di Olympia, Washington.


Saat dimainkan secara live, "Endless, Nameless" biasanya dibawakan terakhir, dengan anggota band sering kali menghancurkan instrumen mereka di akhir. Pertunjukan live terakhir dari lagu ini adalah pada 13 Desember 1993, di Pier 48 di Seattle selama konser Live and Loud , yang didokumentasikan MTV.


Versi live dari lagu tersebut, saat penampilan di Reading Festival 1991 (Reading, Inggris) pada tanggal 23 Agustus 1991, muncul di video live The Year Punk Broke, yang dirilis pada tahun 1992. Cuplikan dari penampilan lagu ini, termasuk saat Cobain melompat ke set drum di akhir, kemudian muncul di video klip "Lithium" pada tahun 1992.


Cobain sendiri tidak yakin dengan apa yang dia nyanyikan selama pertunjukan livenya, namun percaya liriknya menyertakan kalimat, "Kupikir pikir aku bisa, kutahu ku bisa."


Pada tahun 2015, Rolling Stone menempatkan "Endless, Nameless" di nomor 60 dari 102 peringkat lagu Nirvana. Pada tahun 2019, Vulture memeringkatnya di nomor 16 dalam daftar "Peringkat Lagu Nirvana Terbaik"


Ungkapan kepedihan terdalam, keputusasaan hingga merasakan pedihnya kematian, dan seruan “ibu” yang bersifat universal bagi setiap orang yang sedang merasakan “akhir hidupnya”..yaitu pengetahuan umum klasik bahwa hampir semua tentara memanggil "mama" ketika mereka sekarat karena luka mematikan di medan perang.


loading...

Komentar

Kutipan Terpopuler

Kutipan "Kata-Kata" Kurt Cobain

Kutipan "Kata Bijak" Buddha

27 Kutipan Tommy Shelby untuk Membantumu Menjalani Hidupmu Sendiri

Kutipan "Kata-Kata" AXL Rose

Kutipan "Kata-Kata" Benyamin Sueb

Kutipan "Kata Bijak" Batman

Kutipan "Kata-Kata" Chairil Anwar